SEPATU LARI TERBAIK BISA DITENTUKAN DENGAN CARA INI

SEPATU LARI TERBAIK BISA DITENTUKAN DENGAN CARA INI

Setiap pelari perlu memiliki sepatu lari yang cocok dan berfungsi baik untuk mereka. Karakteristik alas kaki khusus harus sesuai dengan kebutuhan individu pelari. Sepatu mereka juga harus disesuaikan dengan tuntutan berbeda pada tubuh setiap latihan, baik daya tahan, kekuatan atau kecepatan. Maka sangat penting untuk mengetahui jenis sepatu lari terbaik yang sesuai dengan tujuan spesifik dan kebutuhan Anda.

Memilih sepatu lari terbaik memang tidak mudah dan cukup membingungkan dengan berbagai keunggulan teknologinya saat ini. Bagaimana memilih sepatu yang terbaik untuk Anda dan latihan Anda ketika ada berbagai kategori, jenis dan bentuk sepatu dalam standar Netral, Stabilitas, dan Kontrol Gerakan?

Desain dan teknologi sepatu bervariasi tergantung pada merek dan jenisnya. Sebagai panduan umum untuk sepatu lari, berikut adalah definisi singkat untuk 3 kategori utama dan beberapa tips saat membeli pasangan baru Anda:

SEPATU LARI TERBAIK KATEGORI NETRAL

high foot arc

Sepatu dalam kategori netral biasanya dirancang dengan bagian kaki depan yang fleksibel dan sol tengah yang lembut namun kokoh. Sepatu ini sesuai untuk orang-orang dengan busur kaki tinggi atau high foot arc. Jenis sepatu ini mendukung lengkungan kaki Anda lebih dari pergelangan kaki atau lutut Anda. Anda dapat mengamati bahwa jenis sepatu lari ini sering memiliki sol melengkung. Ini salah satu contoh sepatu lari untuk jenis kaki high foot arc adalah Sepatu Lari Mizuno Wave Creation :

Sepatu Lari Mizuno Wave Creation
Sepatu Lari Mizuno Wave Creation, sumber: amazon.com

SEPATU LARI TERBAIK UNTUK STABILITAS

Sepatu lari dalam kategori stabilitas dirancang untuk mengontrol kaki, menyeimbangkan tumit dan mendukung lengkungan kaki Anda. Jenis sepatu lari ini memberikan bantalan ekstra dan stabilitas yang sangat baik untuk kaki Anda saat Anda berlari. Sepatu ini untuk pelari yang mendarat di luar tumit mereka dan sedikit memutar kaki ke dalam (pronate) saat berlari. Lengkungan sepatu ini tidak sekaku dan mungkin memiliki berbagai tingkat dukungan. Contoh sepatu lari untuk stabilitas adalah Sepatu Lari Adidas Supernova:

Sepatu Lari Adidas Supernova
Photo Sepatu Lari Adidas Supernova, sumber: amazon.com

SEPATU LARI TERBAIK UNTUK MOTION CONTROL ATAU KONTROL GERAKAN

Sol sepatu lari di bawah kategori kontrol gerak biasanya lurus atau datar. Beberapa desain memiliki sol yang sedikit melengkung tetapi tujuan utama dari sepatu lari ini adalah untuk menjaga tumit tetap aman dan meminimalkan tingkat pronasi saat Anda berlari. Sepatu ini biasanya memiliki landasan pendaratan yang lebih luas untuk tumit Anda. Sepatu ini bagus untuk pelari yang memiliki kaki datar atau lengkungan rendah. Pelari yang cenderung pronasi kakinya dan memiliki lutut yang tidak stabil saat berlari dapat memperoleh manfaat lebih dari jenis sepatu lari ini. Periksa sepatu lama Anda – jika mereka aus di sol tengah, maka kategori ini cocok untuk Anda. Sepatu yang sesuai untuk kategori motion control ini salah satunya adalah Sepatu Lari ASICS GEL FOUNDATION 12:

Sepatu Lari ASICS GEL FOUNDATION 12
Sepatu Lari ASICS GEL FOUNDATION 12, sumber: Amazon.com

Bagaimana cara memilih sepatu lari terbaik?

Berikut beberapa tips saat membeli sepatu lari Anda:

  1. Berjalan dan Berlari di toko. Pastikan pilihan Anda dengan mantap sebelum membelinya. Saya tahu banyak orang yang membeli sepatu jenis tertentu hanya karena mereka menemukan bahwa beberapa pelari hebat menggunakannya untuk finish tempat pertama dalam perlombaan. Anda memiliki kebutuhan yang berbeda dan apa yang berhasil untuk orang lain mungkin tidak berfungsi dengan baik untuk Anda. Uji sepatu lari di toko. Jangan takut untuk mengambil beberapa langkah pada mereka dan bahkan berlari beberapa meter jika memungkinkan. Beberapa toko sepatu lari yang baik bahkan memiliki treadmill untuk Anda gunakan!
  2. Jangan membuang sepatu lama Anda. Bawa sepatu lari lama Anda ke toko tempat Anda akan membeli sepatu baru. Jika tempat Anda berbelanja sepatu lari khusus toko sepatu lari, mereka mungkin memiliki staf yang tahu tentang sepatu dan dapat menganalisis pola keausan sepatu lama Anda. Karena Anda ingin mencoba berjalan dan berlari dengan sepatu baru, bawalah kaus kaki. Jika toko sepatu tersebut memiliki peralatan untuk analisis kaki, jangan ragu untuk menganalisa gaya berjalan Anda bahkan jika Anda sudah tahu busur kaki atau tipe kaki Anda.
  3. Ketahui titik-titik lunak Anda. Salah satu alasan utama mengapa kita perlu memakai sepatu adalah kenyamanan. Kaki Anda harus cukup nyaman saat Anda berjalan atau berlari di sepatu lari Anda yang baru. Titik-titik tekanan atau sepatu yang longgar sering menyebabkan lecet.
  4. Pastikan sepatu tersebut cocok untuk Kaki Anda. Jika sepatu lari Anda terlalu longgar maka Anda akan kehilangan energi pada setiap dorongan yang dilakukan kaki Anda saat berlari. Tidak apa-apa untuk menyesuaikan dan menyesuaikan kembali tali sepatu lari saat berada di dalam toko. Ikat tali sepatu Anda sehingga Anda memiliki perasaan aman tanpa rasa tidak nyaman.
  5. Sepatu lari itu istimewa. Mereka dirancang khusus untuk gerak maju (mis., Berlari ke depan), bantalan tumit dan dukungan busur kaki. Jika Anda memiliki waktu untuk mengamati sol dari berbagai jenis sepatu, Anda dapat melihat sol sepatu memiliki pola garis horizontal pada solnya. Jika Anda berencana menggunakan sepatu lari untuk olahraga lain atau aktivitas fisik, Anda akan memakainya lebih cepat dan Anda bahkan dapat mengambil risiko cedera. Sepatu cross-training dirancang untuk lebih banyak menyangga lateral (bergerak menyamping, dll.) Dan fleksibilitas jari kaki. Membeli dua pasang sepatu yang berbeda seperti cross-training untuk kegiatan lain adalah investasi yang bagus karena sepatu lari Anda akan bertahan lebih lama dan akan mengurangi risiko cedera.

Kapan harus membeli sepasang sepatu baru?

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Kapan saya perlu membeli sepasang sepatu baru?” Biasanya, bagian atas atau bentuk sepatu lari Anda sepertinya masih dalam kondisi bagus tetapi bantalan dan kontrol gerak mungkin sudah hilang.

Periksa sol Anda jika sudah usang. Sangat membantu untuk menandai tanggal Anda membeli sepatu lari. Jika Anda menyimpan catatan proses Anda berlari, bandingkan dengan tanggal Anda membeli yang lama. Ketika Anda mencapai sekitar 800 kilometer, Anda mungkin perlu membeli sepatu baru.

Mendapatkan sepatu baru adalah investasi karena kaki Anda adalah satu-satunya bagian tubuh Anda yang menyentuh permukaan lain dan menyerap semua dampak ketika Anda berlari. Kaki Anda adalah mesin utama Anda untuk berlari sehingga Anda membutuhkan alat yang luar biasa untuk mendukung, stabilitas, dan kenyamanan bagi mereka setiap saat. Salah satu kunci untuk mengurangi risiko cedera adalah menggunakan sepatu lari terbaik dan menggantinya setelah rusak atau aus.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *