5 FAKTOR DALAM MEMILIH SEPATU TENIS TERBAIK

sepatu tenis

Memilih sepatu tenis terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Perlu kiranya anda memeriksa secara detail, apa jenis kaki Anda, ukuran kaki, gaya bermain, jenis lapangan bermain dan tentu saja, preferensi bahan dan warna yang Anda inginkan. Sepatu tenis dirancang untuk menahan kerasnya lapangan dengan mempertimbangkan hal-hal seperti berhenti cepat dan mulai, lari cepat, gerakan lateral, menerjang, melompat, dan berporos cepat. Sehingga sepatu tenis akan memiliki dukungan lateral yang ekstra, bahan yang lebih berat dan kaku, lebih banyak bantalan, penyerapan goncangan, sol yang diperkuat, dan toecaps yang diperkuat.

Selain membandingkan sepatu tenis terbaik, kita juga akan sedikit melihat semua fitur sepatu tenis dan apa saja fungsinya. Pada akhirnya, Anda akan menemukan sepasang sepatu yang memberikan tingkat kecepatan, ketangkasan, dan daya tahan yang baik yang disesuaikan dengan cara Anda bermain. Ini dia 5 cara memilih sepatu tenis terbaik:

Apa Jenis Kaki yang Anda Miliki?

Jenis kaki Anda memengaruhi cara Anda berjalan dan berdiri, dan dapat memengaruhi segala sesuatu mulai dari cara mengepaskan sepatu, merasakannya dan menggunakannya. Ada tiga jenis utama kaki: pronasi, ideal, dan supinasi. Cara terbaik untuk mengetahui jenis kaki yang Anda miliki adalah melakukan salah satu dari dua hal berikut:

Amati keausan pada sepatu Anda – Aus di bagian dalam sol dan di sekeliling bola kaki Anda berarti Anda memiliki kaki pronasi. Aus di bagian luar tumit berarti Anda memiliki kaki supinasi. Jenis kaki netral akan memiliki jumlah keausan yang merata.

asics gel resolution women high arc
asics gel resolution women high arc-dukungan kaki supinasi, sumber gambar: amazon.com

Lakukan uji basah – Untuk melakukan uji basah, Anda ingin mencelupkan kaki Anda ke dalam air dan meletakkannya di permukaan yang terlihat (mis. Kantong kertas cokelat, beton) dan periksa berapa banyak lengkungan dalam muncul. Berikut gambar deskripsi uji basah:

tes basah kaki

Jika area terbuka luas berarti Anda memiliki telapak kaki supinasi atau lengkungan tinggi (high arc). Kaki yang disokong cenderung berguling ke luar karena tidak ada lengkungan yang banyak untuk memberikan stabilitas ke dalam, dan kaki supinasi cenderung membuat sepatu lebih cepat aus daripada jenis lainnya. Sepatu tenis terbaik untuk jenis kaki ini adalah yang mendukung daya tahan (terutama sol), bantalan dan dukungan lengkungan sedang hingga tinggi.

New Balance 996v3
New Balance 996v3 – pronation support, sumber gambar: amazon.com

Jika impressi kaki lengkap, berarti Anda memiliki kaki pronasi atau lengkungan rendah. Mereka dengan kaki pronasi memiliki kecenderungan untuk menggulung kaki ke dalam, yang memiliki potensi paling besar untuk menyebabkan cedera. Mereka dengan kaki pronasi harus mencari sepatu yang memberikan banyak stabilitas dan dukungan, sementara memiliki dukungan lengkungan sedang hingga rendah.

Jika ada ruang moderat yang terlihat di area lengkung, ini berarti Anda memiliki kaki yang ideal atau lengkungan netral. Beruntung bagi Anda, hampir semua jenis sepatu akan memenuhi kebutuhan Anda di lapangan, hanya masalah memilih apakah Anda menginginkan banyak daya tahan, fleksibilitas, bantalan, stabilitas atau keseimbangan semua.

Nike Air Zoom Vapor X HC
Nike Air Zoom Vapor X HC-dukungan kaki standard, sumber gambar amazon.com

Bagaimana Sepatu Tenis Bisa Cocok Dengan Kaki Anda?

Sebenarnya cukup jelas anda sendiri yang bisa menjawab. Anda pasti ingin menemukan sepasang sepatu yang pas dengan nyaman, tidak terlalu ketat atau terlalu banyak ruang. Berlari dengan sepatu yang salah dapat menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, masalah persendian, dan kelelahan, dan itu bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng dalam olahraga yang menuntut seperti tenis. Jadi, cari tahu apakah sepatu yang Anda sukai benar atau lebih kecil atau lebih besar dari biasanya. Sepatu tenis terbaik untuk Anda harus sesuai dengan ukuran, dengan lebar yang cukup dan dukungan lengkungan yang cukup untuk jenis kaki Anda.

View this post on Instagram

Cari sepatu tenis ideal? Artikel di SepatuPremium.com akan membahas 5 FAKTOR DALAM MEMILIH SEPATU TENIS TERBAIK. 👉👉Baca Ulasan lengkapnya di 💻SepatuPremium.com💻, atau klik link pada bio . . Video Credit: Tennis Express Youtube Channel https://www.youtube.com/watch?v=r48vqPZQ8Tw . . #sepatutennis #sepatukeren #sepatuimport #sepatusport #sepatucasual #sepatukekinian #sepatuterbaru #sepatujalan #sepatujalanjalan #sepatuhangout #sepatusneakers #sepatuolahraga #sepatubagus #sepatugym #sepatuunderarmour #sepatutennismurah #sepaturunning #sepatuoriginal #sepaturunningoriginal #sepatusenam #sepatularicowok #sepatupriakeren #sepatukasual #sepatupriaimport #sepatupriacasual #sepatupriabranded #sepatutenismurah #sepatutenisoriginal #sepatutenisadidas #sepatutenis

A post shared by Blog Sepatu Premium (@sepatublogger) on

Cara Bermain Tenis

Gaya bermain Anda memengaruhi cara Anda bergerak di lapangan, dan ada dua gaya permainan umum: baseline dan serve-and-volley. Sepatu tenis terbaik untuk Anda adalah sepatu yang memperhitungkan gaya permainan Anda.

  • Baseline

Pemain baseline menghabiskan sebagian besar waktu di belakang lapangan, yang membutuhkan banyak pergerakan lateral (dari sisi ke sisi). Akibatnya, sepatu tenis dengan dukungan lateral tambahan, bantalan tambahan dan sol yang tahan lama sangat dianjurkan.

  • Serve-and-volley

Pemain serve-and-volley sering mendekati net dan gaya bermain ini sangat berbeda dari pemain baseline. Pemain serve-volley membutuhkan sepasang sepatu dengan toecaps dan sol yang diperkuat, karena banyak permainan di net mengharuskan Anda untuk berada di ujung jari Anda. Volley sering menyebabkan pemain untuk menyeret kaki mereka di tanah juga, sehingga daya tahan tambahan di wilayah ini akan membantu. Anda juga dapat mencari sepatu dengan dukungan lengkung tambahan karena Anda akan sering melakukan hal tersebut.

Jenis Permukaan Lapangan Tenis

Cukup jelas bahwa beberapa permukaan lapangan tenis bisa membuat sepatu anda cepat aus. Terutama lapangan tenis beton yang paling cepat membuat sepatu aus. Hal ini disebabkan tingginya jumlah gesekan yang terjadi ketika sepatu anda terseret di permukaan lapangan. Jadi, ketika bermain di atas beton, yang terbaik adalah menemukan sepatu yang memiliki sol luar yang tahan lama. Juga bagian atas yang diperkuat dan konstruksi kokoh yang serba guna untuk memberikan stabilitas dan dukungan untuk gerakan lateral.

Bermain di lapangan yang lebih lembut seperti rumput dan tanah akan membutuhkan jenis sepatu yang berbeda sama sekali. Sepatu tenis terbaik untuk jenis lapangan ini adalah sepatu yang memberikan daya cengkeram yang baik (karena rumput dan tanah liat membuat pemain rentan tergelincir dan meluncur) juga lengkap dengan non-marking outsole yang tidak merusak lapangan.

Material Sepatu

Sepatu terbuat dari berbagai jenis bahan dan bagian sepatu yang berbeda-beda dirancang secara individual untuk memperhitungkan hal-hal seperti keausan dan traksi. Untuk menemukan sepatu tenis terbaik untuk Anda, pertimbangkan fitur yang fokus pada jenis permainan Anda. Hal-hal seperti bagian atas yang diperkuat dan bantalan tambahan akan cocok untuk pemain baseline, sementara toecaps dan sol yang diperkuat dapat menguntungkan pemain yang suka melakukan serve-and-volley. Itu semua tergantung pada apa yang Anda inginkan dalam sepatu.

Berbagai bagian sepatu termasuk:

Midsole / Sockliner – Midsole / sockliner melapisi alas sepatu Anda dan memberikan bantalan dan kenyamanan. Tergantung pada jenis dan preferensi kaki Anda, ketebalan midsole dapat bervariasi. Sebagian besar midsole terbuat dari EVA atau PU, yang keduanya merupakan bahan yang ringan, fleksibel dan tahan lama.

Upper – Bagian atas mengacu pada area yang membungkus seluruh kaki dan inilah yang membedakan sepatu anda dari sandal. Sebagian besar bagian atasnya terbuat dari bahan yang sangat tahan lama, seperti kulit atau sintetis. Beberapa juga menggunakan mesh untuk mengurangi berat sepatu, mendinginkan kaki dan menghadirkan sirkulasi udara yang baik. Bagian atas juga bisa merupakan kombinasi dari bahan yang berbeda, seperti sintetis untuk menutupi area yang paling banyak dipakai sementara mesh menutupi tempat-tempat yang tidak menyentuh tanah untuk memberikan pendinginan dan kaki yang leluasa mendapatkan udara.

Vamp – Vamp mengacu pada bagian area kotak jari yang menekuk jika Anda berdiri di atas jari kaki. Biasanya berlubang perforasi untuk udara dan vamp harus tetap fleksibel.

Outsole – Sol luar khusus bagian bawah sepatu memberikan traksi, stabilitas dan dukungan. Outsoleadalah bagian dari sepatu yang paling cepat dipakai, karena selalu bersentuhan dengan tanah dan menghasilkan gesekan setiap saat. Memahami hal tersebut maka semestinya anda mencari sol luar yang sangat tahan dan juga mencari bantalan traksi yang sesuai dengan jenis lapangan yang Anda mainkan. Juga, ingatlah bahwa penting untuk mempertimbangkan jenis kaki Anda dan memutuskan apakah Anda memerlukan dukungan lengkung tambahan atau tumit yang diperkuat.

Heel Counter / Collar – Heel Counter adalah sisipan plastik atau komposit yang pas ke dalam heel cup sepatu, memperkuatnya secara keseluruhan dan meningkatkan dukungan. Collar adalah bagian upper di atas heel counter, yang harus pas dengan nyaman tanpa menggosok terlalu tinggi pada kaki Anda.

Toecap – Toecap terletak tepat di atas jari-jari kaki dan harus diperkuat untuk memberikan perlindungan jari-jari kaki dan kaki bagian medial yang sering diseret saat anda berakseletrasi di lapangan tenis.

Toeguard – Toeguard adalah bahan karet tambahan yang ditambahkan ke bagian depan sepatu untuk perlindungan pergerakan jari-jari kaki.

Ini dia Infografi yang lengkap mengenai sepatu tenis yang tepat untuk anda:

Please include attribution to Athlete Audit with this graphic.

How to Choose Tennis Shoes - Infographic by Athlete AuditGuide by Athlete Audit

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *